Cari Blog Ini

Sabtu, 28 Mei 2011

wisata alam bandung

Wisata Alam




Kawah PutihKawah Putih berada di kawasan daerah wisata Ciwidey, kurang lebih 44 Km dari Kota Bandung ke arah Selatan.  Pemandangan kawah yang menghampar putih, membuat orang menyebutnya dengan kawah putih. Disekitar lokasi tersedia kios aneka cinderamata.

Kebun Teh Rancabali Terletak di kawasan perkebunan Ciwidey. Alam perkebunan teh yang menghijau segar dan indah, sangat cocok untuk dijadikan tujuan rekreasi. Fasilitas yang tersedia di kawasan ini adalah bungalow, pemandian air panas alam dan fasilitas pendukung lainnya yang diperlukan oleh para wisatawan. 

Situ Patenggang
Berlokasi di kawasan daerah wisata Ciwidey, kurang lebih 47 Km dari kota Bandung ke arah Selatan dan berada tepat di lingkungan perkebunan teh Rancabali.  Situ Patenggang merupakan tempat wisata yang berhawa sejuk segar, panorama alamnya yang indah banyak mendapat kunjungan dari para wisatawan.  

Bumi Perkemahan Rancaupas Ranca Upas adalah areal yang disediakan bagi perkemahan, dibawah pengelolaan Perhutani. Disamping disiapkan untuk Bumi Perkemahan, Ranca Upas memiliki areal yang dipergunakan untuk penangkaran Rusa. 

Sumber Air Panas Ranca Walini
Terletak di kawasan daerah wisata Ciwidey atau 46 Km dari kota Bandung. Tempat yang cocok untuk keluarga, tersedia kolam renang sumber air panas alam , restaurant, taman rekreasi untuk anak-anak dan bungalow bagi yang ingin menginap, serta fasilitas pendukung lainnya.

Situ Cileunca Situ Cileunca terletak di kecamatan Pangalengan, 40 Km dari kota Bandung. Daerah sekitarnya sangat subur dan merupakan daerah pertanian, antara lain penghasil sayur mayur. Situ Cileunca berada di lingkungan perkebunan teh dan daerah pertanian sayur mayur. 

Kawah Papandayan Terletak di perbatasan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut , 47 Km sebelah Selatan kota Bandung atau 34 Km dari kecamatan  Pangalengan, dapat dicapai dengan kendaraan bermotor dalam waktu 2 jam, melalui rute Bandung - Pangalengan - Malabar - Papandayan. Keunikan kawah ini adalah air dan belerang yang secara terus menerus bergolak dengan diiringi gelegarnya suara.

Perkebunan Teh Malabar Terletak di kawasan perkebunan Pangalengan yang kaya dengan sejarah. Alam pegunungan dengan udara yang sejuk segar, dapat dinikmati oleh keluarga atau siapa saja yang berrekreasi di sini. Di kawasan ini juga tersedia bungalow dan pemandian air panas alam. 

Wayang Golek Keluarga Abah Sunarya adalah keluarga seniman Wayang Golek dengan 4 orang putranya yang sudah sangat dikenal masyarakat pecinta kesenian Wayang Golek, mereka itu ialah Dalang Wayang Golek Ade Sunarya, Asep Sunarya, Iden Sunarya dan Ugan Sunarya Abah Sunarya, yang kesemuanya sangat dikenal di wilayah Jawa Barat,  bahkan sampai ke manca negara. Padepokan seni wayang golek keluarga Abah Sunarya dikenal masyarakat dengan padepokan Giri Harja, yang terletak di Desa Jelekong Kecamatan Ciparay.  

Air Terjun Malela Keberadaan objek wisata Curug Malela ini belum cukup dikenal oleh masyarakat luas. Kebanyak yang berkunjung ke Curug Malela adalah mereka pencinta alam, yang senang menempuh jalan kaki. Curug Malela berlokasi di desa Cicaday kecamatan Rongga, Gununghalu, daerah paling Selatan Kabupaten Bandung yang berbatasan dengan Kabupaten Cianjur. 

Ciwidey Daerah wisata Ciwidey berada di  sebelah Selatan kota Bandung atau bagian Selatan Kabupaten Bandung. Kota kecamatan Ciwidey berjarak kurang lebih 32 Km dari kota Bandung, memiliki aneka ragam objek wisata yang dapat dikunjungi dan dinikmati para wisatawan dengan berbagai keengkapan pendukungnya.

Gambung Gambung memiliki panorama alam yang indah. Gambung adalah daerah perkebunan teh, di Gambung inilah adanya pusat penelitian dan pengembangan tanaman teh. 

Gunung Tangkubanparahu Kawah Gunung Tangkubanparahu berada di sebelah Utara Kota Lembang ( 13 Km dari kota Lembang) atau 29 Km. dari kota Bandung. Fasilitas yang dapat diperoleh di area objek wisata kawah Gunung Tangkubanperahu ialah : Area parkir kendaraan yang luas ; kios souvenir ; rumah makan. Kawah ini merupakan primadona objek wisata di Kabupaten Bandung.

MaribayaMaribaya berada di km 5 arah sebelah Timur kota Lembang atau berjarak 21 km dari kota Bandung. Rekreasi dengan pemandangan yang indah, berudara sejuk dan segar, memiliki sumber air panas alam yang mengandung mineral, dan daya tarik dari air terjun Curug Omas setinggi 25 meter.

Taman Nasional Juanda/Dago PakarTaman Ir H Juanda yang lebih dikenal dengan Dago Pakar, berada pada km 8 sebelah Utara kota Bandung. Daya tarik Taman Hutan Raya ini disamping memiliki kurang lebih 2500 pohon yang termasuk pada 40 familia dari 108 spesies tanaman, adalah adanya gua-gua Jepang peninggalan perang dunia ke II, yang masih terpelihara rapih.

Taman Bunga Cihideung Terletak di desa Cihideung Kecamatan parongpong terkenal dengan aneka tanaman hiasnya. 

Situ CiburuyTerletak di Kecamatan Padalarang, 17 Km dari Bandung ke sebelah Barat. Keindahan Situ Ciburuy inilah yang mengilhami terciptanya lagu "Bubuy Bulan"

Curug Cimahi Curug Cimahi ini berada di Kecamatan Cisarua, berjarak 10 Km dari kota Cimahi.

1 komentar:

  1. Wisata alam nya seru min, nice artikel

    boleh dong mampir juga di paket wisata jogja bagi yang mau liburan ke Jogja. Trima Kaasih & Salam Wisata :D

    BalasHapus