Cari Blog Ini

Memuat...

Sabtu, 05 Maret 2011

reamer karbu

Update sharing hari ini adalah tentang How To Tune karburator ^_^ Ini juga sebagai lanjutan update modifikasi mesin jupiter z yang ingin kencang tapi irit biaya tu kmaren tu loh… Hehehe.. Ati Karep Bondo Cuphet Jahhh…
reamer -otomotif.net-
Reamer karburator emang ga bisa dilakoni sembarangan, kudu ati2 dan kalem. Perlu diperhatikan saat pembesaran harus dilakukan dengan mendesain ulang lubang Venturi ouval ke atas, karena yang kita kejar adalah nafas mesin (Power) lebih kuat di putaran atas maka reamer harus berbentuk begitu. Kalo diratain bunder ser ampe bawah mah motor susah idle pastinya. Lagian, ngapain juga nge-reamer ke arah bawah? Malah bikin udara banyak bablas lewat skep karburator meski katup sudah udah nutup full.
Jangan lupa bagian belakang
Jangan lupa bagian belakang
Untuk moncong karbu yang dagingnya tebel kayak Karbu PE-28 bisa direamer dindingx 0.5mm kalo mau ekstrem ya coba aja 1mm, lebih dari itu dikhawatirin dinding karbu lobang. Tapi kalopun lobang bisa ditambal kok hehehe, mau karbu PE-28mm jadi 31mm?? Ayookkkk ajah..!!
Reamer karburator PE 28 - R.A.T -
Untuk karbu bebek apalagi yang kecil kaya punya Jupiter Z / smash / shogun  nih gak memungkinkan untuk direamer, lagian kalo direamer bentukx jadi jelek. Kan males ngeliat yang jelek2 hehehhee… Maka fokus kita adalah memperbesar skep karburator, mengganti dengan skep punya motor RC 100 dengan diameter 19mm, dari aslinya yang 17mm. Bisa juga mengganti dengan kaliper berdiameter 20.5 milimeter dari bahan spesial stainless steel dan pengerjaan ini memang membutuhkan bantuan tukang bubut dengan alat buatan Eropa demi kepresisian mikro mili.
Reamer Karburator Jupiter Z
Reamer Karburator 17mm ke 19mm
Lanjut, setelah area moncong dan Venturi kelar kena reamer maka terakhir fokus reamer adalah pantat karburator yang nempel ama manifold intake.  Tetep batasan aman buat korek harian mah 0.5mm rata dinding samping dan atas, INGAT! INGAT! yang bawah jangan dikorek. Mending dibuat pola dulu dengan speedol baru dari dinding skep ditarik mundur, jadi bentuknya seperti corong berlawanan ama moncong karbu. Kalo kesusahan ya dibuat tarik rata aja gakpapa kok. Dont forget to adjust alignment with the intake manifold - wah kumat bahasa madura keluar- hehehe...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar